18 Maret 2011

Langsing Dengan Minyak Kelapa


Banyak orang menyangka segala jenis lemak mengacaukan diet dan memicu kegemukan. Studi terbaru menunjukkan, diet kaya lemak atau minyak kelapa justru memberi perlindunan terhadap resistensi insulin penyebab diabetes, sekaligus merampingkan tubuh.
Penelitian sebagaiman dilansir Imes Of India menyebutkan, orang yang mengasub minyak kelapa dapat mengurangi lemak tubuh. Selain itu, lemak rantai medium penyebab diabetes tipe 2 berkurang dengan asupan minyak kelapa.
Nigel Turner dan Jiming Ye dari Sidney Garvan Institut Riset Medis membandingkan metabolisme lemak dan resistensi insulin pada pada tikus yang mendapat asupan minyak kelapa dan minyak babi. “Asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa berbeda dengan lemak yang umumnya ditemukan dalam makanan kita,” kata Turner, kepala peneliti.
“Berbeda dengan rantai panjang pada lemak hewan, lemak rantai menengah merupakn bahan bakar yang lanhsung digunakan sebagai energi.”
Meskipun demikian, temuan yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes ini memiliki kekurangan. Lemak rantai menengah bisa menumpuk di bagian hati. Saat mengasup makanan kaya lemak, tubuh akan mengompensasi dengan melakukan pembakaran lebih banyak.
“Orang yang kelebihan berat badan menggunakan 40-50 persen kalori sebagai lemak. Tikus membakar 45 persen kalori mereka sebagai lemak,” kata Turner.

0 komentar:

Posting Komentar