18 Maret 2011

Kenapa Orang Stres Perlu Makan Coklat

Cokelat telah dikenal lama sebagai cemilan nikmata yang bisa membuat orang ketagihan. Walaupun ini sering dianggap sebagai biang keladi berat badan bertambah, kandungan dalam coklat menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Suku Maya di Amerika percaya bahwa coklat membawa pengaruh positif sera pengetahuan dan penilaian baik. Penelitian terakhir telah menunjukkan, mengomsumsi coklat memebuat daya penglihaan mereka juga lebih baik, loh kok’ malah ngebahas penglihatan sih,,hehe sabar,,:-)

Coklat sendiri termasuk salah satu makanan yang muadah lumer alias meleleh pada suhu darah atau di bawah suhu tubuh (di bawah 330C) . hal ini akhirnya membuat coklat dianggap sebagai bahan makanan makanan yang paling bergizi dan mudah dicerna, karena mengandung juga banyak vitamin (A1, B1, B2, C, D dan E) dan beberapa mineral penting seperti (kalsium, potassium, sodium, magnesium, zat besi, zinc, tembaga, krom dan fosfor).

Selain itu, coklata juga mengandung  antioksidan dan flavoinoid yang berguna dalam mencegah radikal bebas yang menjadi penyebeb kanker. Antioksidan dan flavonoid merupkan bahan penting bagi aspirin dan mencegah penggumpalan darah. Lemak coklata sendiri berfungsi sama seperti minyak zaitun, dan mengandung mineral esensial yang baik untuk memperkuat tulang, rambut dan juga kulit.

Uniknya, coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universits California, Sandiego School of Medicine, Beatrice  Golomb, orang yang stres, mulai dari stres ringan hingga depresi, mengaku makan coklat saat suasana hati mereka drop.

Ternyata,, coklat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan coklat merasa nyaman. Beberpa kandungan coklat seperti coffeine, theobromine, methhylxanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan  sehingga bisa digunakan sebagai obat anti depresi.

0 komentar:

Posting Komentar