19 Mei 2011

Charge Hp Dengan Suara


Sesuai dengan judul postingan nge-charge dengan suara kok bisa, ya bisalah hehehe, makannya simak terus artikel ini.
Tentu sobat pernah mengalami yang namanya baterai lowbet dalam hal ini adalah baterai ponsel ataupun hp. Namun sebuah penemuan baru nampaknya akan bisa menjadi solusi alternatif bagi masalah ini. Dikutip dari detiknet para insinyur di bidang elektro dari Sungkyunkawan University di Seol, Korea selatan, mengembangkan sebuah tekhnik baru yang bisa mengubah suara menjadi energi listrik. Jadi baterai ponsel dapat di-charge saat si penggunannya tengah berbicara menggunakan ponsel itu.

Teknologi ini juga dapat memanfaatkan suara latar untuk mengisi ulang baterai saat sedang tidak digunakan. Dari mulai suara musik  hingga kebisingan kendaraan bermotor, bisa menjadi energi untuk ponsel. “Sejumlah pendekatan untuk mengais energi dari lingkunagn sekitar, semakin dikembangkan secara intensif,“ kata Dr Sang-Woo Kim, salah satu peneliti.

“Suara yang selalu hadir dalam keseharian dan lingkungan kita masih diabaikan sebagai sumber energi. Hal ini lantas memotivasi kami untuk mewujudkan semacam pembangkit listrik yang mengubah suara dari percakapan, musik atau kebisingan menjadi energi listrik,” paparnya.

Teknologi ini menggunakan seuts zinc oxide yang diselipkan diantara dua elektroda. Terdapat alat yang menyerap suara pada bagian atasnya dan akan bergetar saat ada suara yang diserapnya. Hal ini menyebabkan zinc oxide tertekan dan gerakan ini menghasilkan arus listrik yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel. Sejauh ini, temuan peneliti itu dapat mengubah suara 100 decibel (setara dengan kebisingan lalulintas untuk menghasilkan 50 milivolt listrik).

Suber: detik.com

0 komentar:

Posting Komentar